Jumat, 31 Agustus 2018

7 CARA MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI ANDA




Rasa percaya diri merupakan suatu aspek yang penting bagi suatu individu. Bagaimana tidak, manusia sebagai makhluk sosial, memang seharusnya perlu berinteraksi dengan lingkungan sosialnya. Mustahil bahwa manusia tidak pernah berinteraksi dengan lingkungan sosial selama ia hidup. Untuk itu, suatu interaksi pasti akan dialami oleh setiap manusia yang hidup didunia ini.

Sebagai seorang manusia yang selalu melakukan interaksi dengan lingkungan sosialnya, Pasti akan ada percakapan, menjalin/terjalin suatu hubungan yang positif atau negatif, dan lain-lain. Dilihat dari konsep individu yang melakukan interaksi sosial, Ada sebagian orang yang karena kurangnya percaya diri maka akan berdampak negatif bagi kehidupan sosialnya, Kecakapan berbicara, maupun penampilan dan sebagainya. Salah satu contoh, ada orang yang dalam penampilannya terlihat baik-baik saja, namun karena orang tersebut kurang percaya diri maka ia akan merasa bahwa dirinya selalu merasa ragu-ragu dengan penampilannya dan merasa bahwa dirinya mungkin memiliki penampilan yang paling buruk diantara orang-orang yang ada disekitarnya. Contoh lainnya, Jika seorang siswa dimintai memberikan jawaban atas pertanyaan seorang guru  dan ia sudah mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut, namun karena kurangnya percaya diri, takut akan jawabannya salah maka ia tidak berani lagi mengemukakan jawabannya  tersebut. Sangat disayangkan sekali padahal  jawaban yang ia tahu adalah jawaban benar.


Untuk itu, kepercayaan diri sangat penting dan perlu ada dalam suatu individu. Jangan biarkan rasa kurang percaya diri anda mengganggu kehidupan sosial, penampilan, dan lain sebagainya. Anda perlu meningkatkan rasa percaya diri anda dengan beberapa cara dalam mengatasi kurangnya rasa percaya diri anda tersebut, Berikut inilah 7 cara meningkatkan rasa percaya diri.

1.      Kesadaran Akan Ciptaan Tuhan.
Wahai Manusia, Sadarlah kamu atas apa yang telah Tuhan ciptakan... hehehe intro candaan untuk point ini biar nggak tegang. Manusia pada umumnya selalu menyombongkan diri atas kelebihan yang dimilikinya dan cenderung menutupi kekurangannya. Adapun sebagian orang berkekurangan dalam suatu bidang maupun konteks tertentu sehingga dalam suatu keadaan yang menampilkan kekurangannya maka disinilah rasa percaya dirinya menurun. Misalnya, dalam konteks kecakapan berbicara didepan umum seperti berpidato dll. Seseorang dengan kemampuan kecakapan berbicara didepan umum rendah akan kurang percaya diri pada saat dirinya berada dalam keadaan yang mengharuskan dirinya berbicara didepan umum. Nah, untuk meningkatkan kepercayaan diri anda, maka anda perlu mengembangkan cara berbicara yang baik dan benar melalui belajar.

Selain itu, anda juga harus menyadari suatu hal yaitu manusia diciptakan oleh Tuhan dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing  sehingga menjadi suatu peningkatan terhadap rasa percaya diri anda jika anda menyadari bahwa anda memang tidak memiliki kelebihan dibidang maupun konteks tersebut. Yang pada intinya berbicaralah semampu dan sebisa anda dan mengusahakan untuk menjadi yang terbaik tetapi jika anda kurang percaya diri, maka tidak menutupi kemungkinan kecakapan berbicara anda yang minim akan jauh lebih buruk dari sebelumnya. Begitu pula dengan konteks dan bidang lain, sadari akan Ciptaan Tuhan terhadap Kekurangan dan kelebihan masing-masing, Tingkatkan Rasa percaya diri anda melalui kesadaran akan ciptaan Tuhan yang menciptakan manusia dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing serta jangan lupa untuk tetap bersyukur atas apa yang anda miliki.

2.      Cuek Dengan Keadaan Sekitar.
Anda yang mungkin saja selalu memperdulikan dan mementingkan penilaian orang terhadap anda, bahkan jika anda selalu mendapatkan penilaian negatif terhadap apa yang anda lakukan atau apa yang anda miliki yang berkemungkinan berpengaruh terhadap menurunya rasa percaya diri anda dan berkelanjutan terhadap menurunnya kualitas diri anda. Sebagai Contoh, Anda memiliki hobby dibidang tarian dan anda ingin menjadi seorang penari profesional namun ketika anda menampilkan tarian anda kepada orang terdekat anda dan ternyata mereka justru memberikan penilaian negatif terhadapmu. Jika anda menanggapi penilaian negatif mereka, anda akan kehilangan rasa optimis, rasa percaya diri, dan kualitas diri dalam menari akan menurun tetapi jika anda Tidak memperdulikan penilaian mereka, tetap optimis dan percaya diri serta diikuti dengan usaha dan kerja keras untuk berlatih maka dengan seizin Tuhan anda bienar-benar menjadi seorang penari profesional.

Jadi, Tidak selamanya Penilaian orang itu kamu perdulikan, Cueklah dengan keadaan yang seperti itu, Ambilah Sisi positifnya. Jangan pernah kehilangan Rasa percaya diri hanya karena keadaan sekitarmu memberikan penilaian negatif terhadapmu.

3.      Berpikir Positif.
Selalu Berpikir positif Terhadap apapun yang belum pasti kebenarannya. Salah satu faktor yang  membuat kurangnya percaya diri adalah adanya pikiran negatif terhadap sesuatu semisal penilaian orang yang buruk tentangmu atau kurangnya kualitas diri terhadap suatu bidang yang sebenarnya belum tentu hal tersebut benar adanya. Ya, Semua itu disebabkan oleh adanya pemikiran negatif yang selalu mengganggu pemikiran anda yang juga turut mempengaruhi menurunnya rasa percaya diri anda sehingga cobalah selalu berpikir positif setiap saat.

4.      Evaluasi diri.
Untuk meningkatkan rasa percaya diri anda, anda perlu mengevaluasi diri anda. Maksudnya adalah dengan menilai apa yang kurang dari diri anda, anda bisa melengkapinya. Apa yang menjadi faktor menurunya rasa percaya diri anda, dengan mengevaluasi diri maka anda sudah mampu mengatasinya. Misalnya, Penampilan anda membuat anda Kurang percaya diri, maka anda perlu melakukan evaluasi terhadap diri anda, anda melihat apa yang kurang dari diri anda, atau anda melihat apa yang perlu dilengkapi, anda melihat apa yang membuat penampilan anda terasa begitu mengganggu rasa percaya diri anda. Ketika anda sudah mengevaluasi diri maka anda bisa langsung mengatasi apa yang menjadi masalahnya, dengan begitu anda sudah merasa apa yang menjadi kekurangan dari penampilan telah teratasi hingga tidak lagi mengganggu penampilan anda hingga percaya diri anda akan meningkat.

5.      Tak Membandingkan.
Salah satu faktor penyebab kurangnya rasa percaya diri anda adalah anda yang tidak bersyukur dengan apa yang anda miliki dan selalu membanding-bandingkan diri anda dengan orang lain. Semisal, Anda membandingkan diri anda dengan teman dekat anda tentang dirinya yang memiliki rambut lebih bagus daripada rambut yang anda miliki. Karena perbandingan itu, Anda tidak lagi percaya diri dengan penampilan anda. Nah, Inilah kesalahan yang anda buat. Kesalahan yang memberikan dampak negatif bagi diri anda semisal anda sudah tidak lagi memperdulikan masalah penampilan anda dari segala segi penampilan. Untuk mencegah hal ini terjadi, maka syukuri saja apa yang menjadi milik anda dan jangan pernah membandingkan segala sesuatu yang sudah Tuhan ciptakan pada diri anda dengan orang lain.

6.      Mengembangkan kualitas diri.
Rasa percaya diri perlu ditingkatkan dengan cara mengembangkan kualitas diri.  Untuk mengembangkan kualitas diri, anda perlu banyak belajar, menganalisa masalah-masalah yang menjadi penyebab timbulnya rasa kurang percaya diri anda dan segera untuk mengatasinya, mensyukuri (kekurangan) yang sudah menjadi milik anda dan meyakini bahwa dibalik kekuranganmu ada kelebihan yang Tuhan berikan padamu. Berkaitan pula dengan Berpikir positif dan Evaluasi diri, kedua hal ini pula termasuk cara meningkatkan rasa percaya diri melalui mengembangkan kualitas diri.
Jadi dengan mengembangkan kualitas diri, apa yang masih menjadi faktor kurangnya rasa percaya diri dapat teratasi karena anda sudah tidak lagi  ragu akan kualitas diri anda.

7.      Ubah Mindset demi meningkatkan rasa percaya diri.
Mungkin pada point ini, agak sedikit berbeda dari point lainnya, point ini dimaksudkan untuk anda yang benar-benar ingin meningkatkan rasa percaya diri anda melalui mindset dimana anda merasa bahwa untuk meningkatkan rasa percaya diri itu sulit untuk dilakukan. Untuk itu anda perlu mengubah mindset anda yang pada awalnya anda selalu merasa bahwa meningkatkan rasa percaya diri itu susah dan gak pernah berhasil.

Jadi, anda mulailah perbiasakan pola pikir anda tentang pentingnya meningkatkan rasa percaya diri anda dan merasa bahwa semua itu mudah untuk dilakukan asalkan benar-benar berusaha, dan tetap percaya dan terus percaya bahwa untuk meningkatkan rasa Percaya diri itu mudah saja.  


SEKIAN, Itulah Beberapa Tips  terkait Meningkatkan rasa percaya diri. Author berharap anda akan terbantu dengan artikel ini. Terima kasih sudah membaca artikel ini, jangan lupa di share ke teman-teman anda jika merasa ini adalah artikel yang bermanfaat.

3 komentar

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Silahkan Berkomentar Disini.. 👇
EmoticonEmoticon