Kamis, 24 Agustus 2017

Cara Print Dokumen Secara Berurutan (Cetak Dari Halaman Terakhir)

CARA PRINT DOKUMEN SECARA BERURUTAN (CETAK DARI HALAMAN TERAKHIR)

Printer bukan lagi hal yang asing ketika di dengar terutama bagi anak kuliahan, anak sekolahan, pekerja kantoran dan orang-orang yang biasanya membuat suatu dokumen dari komputer dan melakukan pencetakan dokumen tersebut.

Apalagi di zaman sekarang yang teknologinya sudah berkembang, 95 dari 100 orang di dunia sudah mengikuti perkembangan era-globalisasi hingga hampir segala bentuk teknologi sudah di kenali oleh sekian banyak orang termasuk printer ini.

Kembali ke topik pembicaraan, Ketika kita selesai mengeprint suatu dokumen biasanya halamannya pasti akan terbalik (dari halaman akhir ke halaman awal) karena printer akan mencetak halaman awal terlebih dahulu baru kemudian di ikuti dengan halaman selanjutnya hingga halaman akhir sehingga halaman awal akan tertindih di bawa dan urutannya dari halaman akhir sampai halaman awal dan ketika anda selesai mengeprint, anda akan di buat repot untuk menyusunnya kembali hingga halamannya berurutan secara benar dari halaman awal hingga halaman akhir.

 Tidak menjadi masalah jika dokumen yang anda cetak hanya terdiri dari beberapa halaman hingga tidak memboros waktu untuk menyusunnya kembali, tetapi bagaimana jika dokumen tersebut terdiri dari ratusan halaman seperti skripsi atau dokumen lain yang terdiri dari ratusan halaman, pasti anda akan di buat repot olehnya.

Tapi tenang, ada caranya agar anda tidak di buat repot lagi. Anda hanya perlu untuk mengaturnya pada menu pengaturan dengan begitu anda dapat mengefisiensikan waktu. Caranya sangat gampang! Berikut ini cara-caranya:

  • Arahkan cursor anda ke menu “start atau menu windows”.
  • Anda bisa langsung mengetik keyword “Control panel” pada kolom search.
  • Kemudian tekan pada pilihan “hardware and sound”
  • Setelah itu, tekan “device and printers”
  • Lalu, klik kanan pada printer device (kali ini saya gunakan device printer Canon ip2700 series) namun anda bisa menyesuaikan driver printer dengan driver yang anda miliki. Lihat pada gambar berikut ini.



  • Setelah mengklik, akan muncul gambar seperti berikut. Maka tekan “Printer preferences> Pengesetan halaman” Hingga muncul gambar seperti berikut ini. lalu anda tinggal centang pada tulisan “cetak dari halaman terakhir” seperti yang sudah author beri tanda panah dan pada lingkaran merah tersebut.



  • Lalu anda tinggal mengklik “OK”. Dan selesai!

Selain cara diatas, anda juga dapat menggunakan cara lain yang lebih mudah. Seperti berikut ini.

  • Ketika akan mengeprint dokumen di ms. Office word maka muncul gambar seperti berikut setelah menekan “CTRL+P”.



  • Kemudian klik properties, maka muncul tampilan seperti berikut ini yang sama dengan gambar di atas setelah anda mengklik pengesetan halaman. kemudian ikuti saja cara selanjutnya hingga selesai. Jangan lupa untuk mengklik “Ok” untuk menyimpan.



  • Ketika anda sudah menyimpannya maka anda perlu mengeprint dokumen tanpa harus di atur lagi halaman-halaman dari awal ke akhir karena halaman hasil pencetakan nantinya akan teratur dari halaman awal hingga akhir tidak seperti biasanya.
(Baca juga: Cara mengambil gambar layar di Laptop atau komputer "PrintScreen")

Nah dengan berakhirnya langkah-langkah yang sudah author berikan maka sekian berakhir sudah tulisan pada artikel ini. Tak lupa Author ucapkan terima kasih banyak untuk kunjungannya, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda serta selamat mencoba. Good Bye! 😊

1 komentar

mantap, terimakasih sudah share ilmunya suhu
power supply hp

Silahkan Berkomentar Disini.. 👇
EmoticonEmoticon