Minggu, 23 April 2017

CARA MENGUBAH ATAU MENYETEL KATRIJ PRINTER TINTA BERWARNA MENJADI TINTA HITAM

CARA MENGUBAH ATAU MENYETEL KATRIJ TINTA BERWARNA MENJADI TINTA HITAM

Hello everybody,, how are you today?

Lama udah nggak posting lagi nih,, seperti biasanya author agak sibuk melulu jadi nggak bisa ngasih tips dan trik terbaru buat kalian. Dan pada postingan kali ini akan author deskripsikan langkah-langkah mengenai cara untuk mengubah atau menyetel tinta printer anda dari katrij tinta berwarna menjadi tinta hitam. Seperti yang kita tahu bahwa terkadang printer kita sering bermasalah jika tidak dirawat dengan baik, salah satunya adalah rusaknya katrij hitam sehingga ketika akan mengeprint dokumen yang menggunakan tinta hitam maka akan mengalami kegagalan akibat rusaknya katrij hitam tersebut sehingga anda perlu menggunakan cara lain seperti membeli katrij hitam baru untuk menggantinya.

 Namun, bagaimana jika anda sedang berada dalam kondisi dimana anda tidak berkesempatan untuk membeli katrij pengganti dan dokumen yang harus anda print out sedang diperluka segera. Anda perlu menggunakan cara lain, berikut ini akan author berikan trik atau cara  bagaimana untuk menyetel katrij printer tinta berwarna menjadi warna hitam.
Caranya mudah banget, simaklah trik untuk menyetel katrij berwarna menjadi warna hitam berikut.
  •  Arahkan cursor anda ke menu “start”.
  • Anda bisa langsung mengetik keyword “Control panel” pada kolom search.
  •  Kemudian tekan pada pilihan “hardware and sound”
  • Setelah itu, tekan “device and printers”
  •  Lalu, klik kanan pada printer device (kali ini saya gunakan device printer Canon ip2700 series) namun anda bisa menyesuaikan driver printer dengan driver yang anda miliki. Lihat pada gambar berikut ini.


  • Setelah mengklik, akan muncul gambar seperti berikut. Maka tekan “Printer preferences> Perawatan> setelan katrij tinta.” Hingga muncul gambar seperti berikut ini. lalu anda tinggal menyetel katrij tinta dari “hitam dan berwarna” di ubah menjadi “hanya berwarna”.



Selain cara diatas, anda juga dapat menggunakan cara lain. Seperti berikut ini.
  • Ketika akan mengeprint dokumen di ms. Office word maka muncul gambar seperti berikut setelah menekan “CTRL+P”.



  • Kemudian tekan properties, maka muncul tampilan seperti pada gambar nomor 6 diatas, lalu dari sini maka ikuti saja cara selanjutnya hingga selesai. selanjutnya tekan “Ok” untuk menyimpan.
Setelah menekan “OK”, berarti anda sudah selesai menyetel katrij anda. 


Kemudian anda bisa langsung mengeprint dokumen-dokumen anda dan entah bagaimana caranya, katrij dengan tinta warna akan menghasilkan warna hitam ketika sudah di print (jika dokumen berisikan tulisan atau gambar yang berwarna hitam). oh yah,, walaupun katrij tinta warna ini dapat mengeprint dokumen yang menghasilkan tinta hitam setelah di print, bukan berarti katrij printer berwarna ini hanya berfungsi untuk mengeprint tulisan atau gambar yang berwarna hitam saja melainkan tinta warna juga dihasilkan jika di dalam dokumen tersebut menampilkan gambar ataupun tulisan yang berwarna-warni, jadi jika anda sudah menyetelnya berarti hanya dengan satu katrij tinta berwarna saja berarti anda sudah bisa mengeprint dokumen yang tulisan atau gambarnya berwarna-warni sekaligus bisa juga dengan yang berwarna hitam, hasilnya pun lebih baik dari pada sebelumnya. Sekian, itulah cara bagaimana mengubah tinta berwarna menjadi tinta hitam dengan menggunakan katrij tinta berwarna. Semoga bermanfaat. Terima kasih sudah berkunjung.

3 komentar

terimakasih informasinya gan, sangat bermanfaat
alat servis hp

Terima kasih banyak sangat bermanfaat disaat2 genting

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Silahkan Berkomentar Disini.. 👇
EmoticonEmoticon