Jumat, 02 September 2016

Cara Buat Dokumen Dengan Aplikasi Wps Office

          Seperti postingan artikel sebelumnya, aplikasi pembuat Dokumen di Android sudah Author jelaskan pada artikel tersebut yang mana Author sarankan untuk menggunakan aplikasi Wps Office. Namun, dari artikel yang sudah di posting tersebut masih belum dijelaskan bagaimana langkah-langkah atau cara pembuatan dokumen itu. Dan tentu saja kalian mungkin belum mengerti bagaimana cara kerja dari aplikasi Wps office itu sendiri.   

PENTING: Informasi terbaru mengenai WPS Office pada postingam dengan judul 'Fitur-Fitur Terbaru WPS Office 2021'. Silahkan berkunjung!

         Sehingga Pada postingan kali ini akan diberikan ulasan tentang cara buat dokumen dengan aplikasi Wps Office.


          Wps office ini, selain berfungsi sebagai Aplikasi pembaca dokumen berupa ms. Word, excel, power point, catatan dan E-book. Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk membaca atau membuka dokumen dengan ekstensi dokumen berupa doc/docx (untuk ms word), xls, xlsx, csv, dan et(untuk ms excel), pdf (e-book), pptx (untuk power point),dan txt untuk catatan atau memo. Aplikasi ini juga, bisa digunakan untuk mengedit dokumen yang sudah jadi atau yang sudah di download di internet.


          Untuk cara membuat dokumen, Langsung saja ulasannya.


  • Buka aplikasi Wps Office dan akan muncul tampilan seperti ini.




  • Untuk membuat dokumen baru, tekan tanda (+) seperti gambar pada poin pertama yang terdapat tanda panah. Setelah menekan tanda (+), maka akan muncul tampilan seperti berikut.



Kemudian, untuk membuat dokumen word tekan "Dokumen Baru", untuk power point tekan "Presentasi Baru", untuk membuat dokumen excel tekan "Lembar bentang Baru", dan untuk membuat catatan dengan ekstensi txt tekan "Memo Baru".


  • ketika anda mengklik salah satu dokumen yang mau dibuat maka akan terarahkan ke dokumen baru, Author akan ambil salah satu contoh dokumen yaitu ms word. Berikut tampilannya.


Tekan Lembar Kosong seperti yang diberi tanda panah hingga tampilannya seperti ini.

Untuk mengatur font, warna tulisan, paragraf dan lain-lainnya. Tekan Alat yang terdapat lingkaran merah.


  • Setelah mengaturnya, kamu langsung bisa menulis dokumen sesuai keinginan.

      Untuk menyimpannya, tekan ikon save seperti yang sudah saya lingkar pada gambar dibawah ini.

      Anda bisa menyimpannya pada memori internal atau memori telepon kemudian simpan dengan ekstensi doc atau docx. Author sarankan pilih format docx karena pada dasarnya dokumen berekstensi docx merupakan ekstensi baru. Ekstensi ini merupakan ekstensi pada ms word 2007 dan 2010 yang juga memiliki keunggulan dibandingkan dengan ekstensi doc pada ms word 2003 yaitu seperti, dapat menghemat sekitar 75% kapasitas penyimpanan,tidak mudah terkena virus, dan filenya tidak mudah rusak jika dibandingkan dengan file berekstensi doc.

KLIK DAN RILEKS PIKIRANMU SEJENAK.

(Baca juga:Cara download video facebook dengan Android)

  • Selesai sudah untuk ms word maka selanjutnya anda hanya perlu menyimpannya di memori internal kemudian bisa di pindahkan atau di salin ke memori eksternal maka file ini telah menjadi file ms word dengan ekstensi docx atau lainnya. Anda juga bisa membuat data ms word ke dalam bentuk pdf sehingga kamu dapatkan hasil file e-book.

  • Selain ms word, dokumen untuk excel maupun dokumen lainnya juga bisa anda buat seperti halnya cara yang sudah author jelaskan diatas yaitu buat dokumen baru dengan tekan (+) dan pilihlah dokumen mana yang akan anda buat. 

           Sekian dari Author semoga artikel ini dapat membantu kalian. Senang bisa membantu!

43 komentar

klo setelah save ada perintah untuk "grant"
solusinya gmn gan?

maaf gan.. setahu saya tidak ada perintah untuk "grant" karna seperti yang sudah saya lakukan setiap membuat dokumen ketika akan save maka tidak ada perintah untuk grant.. trima ksih.. semoga dapat membantu

sama-sama gan... terima kasih sudah berkunjung! ;-)

mantap juga nih aplikasi WPS officenya. apakah nantinya akan dikembangkan untuk destop nga ya?

berarti aplikasi ini hanya untuk mengedit dokumen kalau kita membuat dokumen dari wps oficce kemudian dikirim ke microsoft oofice apakah bisa. kalau bisa bagaimana caranya?

Aplikasi ini bukan hanya untuk mengedit melainkan membuat file juga bisa... aplikasi ini juga bisa dikirim ke microsoft.. caranya saat kamu sudah simpan file yang sudah kamu buat atau edit. Maka akn tersimpan pada penyimpanan internal maka file tersebut bisa kamu salin atau kamu pindahkan ke laptop atau computer melalui kabel data atau menggunakan flash otg,maupun share it/bluetooth bila ada software pada laptop kamu... mudah kan!

Coba di cek sist di google kayanya udah di kembangkan pada laptop atau pc tapi saya belum nyoba karna mnrt saya microsoft aja udah ckup kok!

gan bikin tutor buat bikin daftar isi secara cepat di wps dong, buat tugas makalah😂

Salam kenal
Di wps klo untuk menghubungkan antr sheet yg ad rumusnya gmn ya gan? Terimakaaih

Kalau gagal terus saat menyimpan ,knapa tuh ka? Gimana solisinya? Sebelumnya bisa

Cara membuat footnote nya gimana ya?

Terimakasih banget gan:)

Cara save ke eksternal gimana?kok ada perintah.grant

Cara buat table di word nya gmana ya??tolong info nya dong

Mudah aja kok... Cari di fitur "ALAT" kemudian tekan pilihan "SISIPKAN" dan pilih fitur "TABEL".... Tinggal di atur deh jumlah kolom dan barisnya ama gaya tabelnya juga ada beberapa.. tinggal pilih.

Untuk save.. gak bisa langsung ke eksternal... Savenya ke internal dulu baru selanjutnya dokumen bisa anda pindah atau salin aja ke eksternal...

Sama-sama... Senang bisa membantu

Untuk footnote-nya.. di wps nhi fiturnya mungkin terbatas berbeda dengan yang ada pada ms.word.. tapi saya punya tips yang mungkin bisa dijadikan footnote dengan wps ini... Caranya, pada lembaran word, pilihlah fitur "ALAT" kemudian tekan pilihan "SISIPKAN" selanjutnya tekan pilihan "KEPALA DAN KAKI"... Kemudian anda bisa menyesuaikannya!

Coba diinstal ulang aplikasi wpsnya... Ingat, saat disimpan jangan disimpan pada memori eksternal, simpanlah dokumen pada memori internal dahulu baru sesudahnya pindah atau salin pada memori eksternal

Buat satu baris kata dengan barisan ttik2nya kemudian copy untuk baris-baris selanjutnya.. contoh, "Bab I pendahuluan.............."
Di kopi atau di salin untuk baris selanjutnya kemudian anda hanya perlu untuk mengedit kata (BAB I) tadi sesuai isi makalah tersebut hingga ke DAFTAR PUSTAKA.
SEMOGA BISA MEMBANTU... THANK YOU!

Jwaban untuk prtanyaan mas ARAF DOANK di jwab aja dsini... smoga bisa dilihat jwabanx....Araf Doank@ kalo di wps.. memang tidak bisa copy paste layaknya ms.word di komputer .... Jdi kalo mau menyisipkan foto.... Anda perlu pilih fitur "ALAT" kemudian pilih "SISIPKAN" dan tekan pilihan "GAMBAR" maka anda akan tertuju ke galeri dan tinggal memilih-milah foto mana yang ingin di sisipkan ke dokumen! Sekian.. smoga bisa membantu!

sip ini bang, terimakasih sudah share ya bang
power supply hp

Ka...kalau untuk menentukan kertas pd power point gmn y kak

Menentukan ukuran kertas msdnya kak

Ka bs minta wa nya. Ada yg urgen. Data sy brubah jd kode2 gt. Ky debug gt. Duh bingung nih

Buat dokumen word,Untuk menambah halaman caranya gimana ya?

Cara mengedit file gmna?? Ya kok gabis

Cara membuat gambar nya gimana ya???

Buka file dokumen yang mau diedit, trus tekan "edit" yang ada di kanan atas terus tinggal di edit aja.. Jangan lupa disimpan yah

Cara bikin jd dua kolom gimana y?

Kalo untuk mengatur lebar kolom tabel gmn mas?

Cara ngatur marginnya gimana?

Kalo mau bikin border caranya gmna?

Kak kalo file dokumen tadinya .txt menjadi .lrc gimana ya

terima kasih bang informasinya

Gan kalo mau di print gimana caranya ya?

Gan kalo mau bikin jadi dua kolom atau dibalikin jadi satu kolom dalam satu halaman gimana ya gan

Apakan bisa edit berkas yg sudah ada, bilamana mau di tambahkan atau di ganti?

Silahkan Berkomentar Disini.. 👇
EmoticonEmoticon